Konsumsi Makanan Berserat Wujudkan Saluran Cerna Anak Sehat

Im a Blogger - Saluran cerna terdapat dalam seluruh organ manusia. Menjadi bagian penting untuk memproses makanan. Tanpa adanya saluran pencernaan yang berfungsi dengan baik, makanan tidak bisa masuk dan diolah dengan sempurna. Dampaknya, mempengaruhi kesehatan manusia berkaitan dengan pencernaan. Mulai dari susah buang air besar hingga gangguan pencernaan yang lebih berbahaya. Oleh karena itu, memberikan nutrisi tepat bagi anak untuk melancarkan saluran pencernaan secara normal sangatlah diperlukan. Hal ini dapat diwujudkan dengan memberikan serat pangan pada anak.

saluran cerna

Serat makanan yang memiliki nama lain dietary fiber, merupakan kandungan yang berasal dari tumbuhan. Memiliki sifat resisten pada proses pencernaan dan penyerapan di usus halus. Mampu terjadi fermentasi di usus besar dan tersusun oleh karbohidrat. Kandungan serat biasanya terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Berguna membantu penyerapan proses makanan dengan sempurna. Kekurangan serat, dapat mengakibatkan terjadikan penghambatan proses penyerapan makanan. So, tidak dapat mengeluarkan kotoran dengan baik dan terhambat terjadina detoksifikasi.

Penelitian Epidemiologi pun menunjukkan bahwa berbagai penyakit menyerang di Negara-negara dilatarbelakangi oleh kurangnya kandungan serat yang dikonsumsi. Serat tersusun dari polisakarida yakni karbohidrat kompleks. Selulosa dan berbagai kandungan lainnya ikut serta menyusun dinding sel pada tumbuhan. Selain membantu proses penyerapan makanan pada usus. Ternyata serat memiliki berbagai manfaat untuk sang buah hati, diantaranya sebagai berikut:

1.Melancarkan BAB dan Mencegah Sembelit
Mengonsumsi serat dapat mencegah terjadinya sembelit. Makanan dapat diproses secara cepat di dalam usus. So, BAB anak Anda pun lancar tanpa hambatan.

2.Mengurangi Kolestrol
Kandungan serat larut berfungsi mengurangi kolesterol jahat pada tubuh.

3.Pencegahan Penyakit Jantung
Mengonsumsi serat secara tepat, adanya korelasi dengan fungsi pencegahan penyakit jantung.

4.Pencegahan Penyakit Kanker Usus
Adanya serat yang dapat mencerna makanan dengan baik. So, membuat usus menjadi bersih dan mengalami detoksifikasi. Kotoran pun akan keluar tanpa gangguan. Sehingga, dapat mencegah terjadinya penyakit usus.

5.Menjaga Kestabilan Berat Badan
Karena serat dapat menyerap makanan, metabolisme tubuh pun berjalan dengan baik. Zat yang tidak dibutuhkan tubuh akan keluar bersama kotoran. Sedangkan, zat makanan yang dibutuhkan akan cepat menyerap tubuh. So, lemak pun tidak akan bertumpuk dan dapat menjaga stabilitas berat badan buah hati Anda.

6.Mencegah Diabetes
Konsumsi makanan berserat berfungsi mengurangi kadar gula dalam tubuh. So, mencegah terjadinya penyakit diabetes.

7.Mencegah Stroke dan Darah Tinggi
Serat membantu pencegahan inflamasi dan dapat menurunkan tekanan darah. So, bisa menghindari terjadinya stoke.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Serat Pangan Untuk Saluran Cerna Anak?

Tidak semua sayuran, buah, dan bijian mengandung serat tinggi yang berfungsi untuk pencernaan anak. Terdapat beberapa makanan yang dihasilkan dari tumbuhan, memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi buah hati Anda. Untuk mendapatkan bermacam manfaat yang dimiliki. Berbebera jenis makanan tersebut diantaranya:

  • Alpukat, sangat baik dikonsumsi sebagai makanan tambahan si kecil. Mengandung serat 6,7 gram.
  • Apel, buah satu ini sudah familiar dan menjadi favorit anak-anak. Nah, keuntungannya lagi apel memiliki kandungan serat sekitar 4,4 gram.
  • Pir, buah berbentuk mirip apel ini juga memiliki kandungan serat 5,5 gram.
  • Pisang, buah yang menjadi budaya di Indonesia jika masa panen. Dapat menjadi makanan penambah bagi buah hati dengan kandungan serat 3,1 gram.
  • Brokoli, sayuran yang cocok dikonsumsi anak Anda dengan kandungan serat 2,6 gram.
  • Wortel, sudah terkenal sayuran yang sangat kaya manfaat. Bukan hanya menjaga kesehatan mata buah hati karena kandungan vitamin A nya, tetapi juga mengandung serat 3,4 gram.
  • Kacang merah, tergolong biji-bijian yang mempunyai kandungan serat 7 gram.
  • Beras merah, dapat dijadikan sebagai makanan alami anak dengan kandungan serat 3,5 gram.
Demikianlah informasi tentang manfaat dari serat pangan untuk saluran cerna? Dan makanan yang mengandung serat pangan yang cocok untuk si kecil. Semoga bermanfaat dan berguna untuk orangtua khususnya yang sedang mengasuh anak agar tumbuh sehat dan cerdas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rental Mobil Pontianak & Travel Tour Ke Kuching Malaysia

Aplikasi Kasir Online Omegasoft

Bisnis Rumahan Masa Kini dengan Aplikasi Kasir