Makanan Khas Timur Tengah Untuk Bayi 1 Tahun

Im a Blogger - Makanan bayi 1 tahun yang paling utama adalah ASI dan sudah mulai memakan makanan padat. ASI memiliki gizi yang lengkap bagi tubuh yang mana kandungan didalamnya tidak semua bisa kita peroleh dalam makanan lain selain ASI, yaitu yang berguna menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Pemberian makanan pada bayi selain ASI atau kita kenal dengan nama makanan pendamping asi (MPASI). Jika di Indonesia, makanan paling populer yang bisa dijadikan pendamping ASI adalah bubur.

Di negara lain juga memiliki makanan-makanan andalah untuk MPASI seperti di indonesia namun dengan nama dan komposisi yang berbeda. Di Prancis misalnya, disana tidak akan kita menemukan yang namanya sereal beras atau sereal gandum seperti di Indonsia. Yang akan kita temui adalah makanan sup dengan berbagai campuran sayur seperti sup daun bawang, bayam dan bit. Setelah bayi menginjak 1 tahun, makanannya berganti menjadi makanan lain seperti keju lunak, gandum quinoa dan lainnya.

makanan bayi 1 tahun

Di India, saat bayi memasuki usis 6 bulan mulai saat itu diberikan MPASI oleh kebanyakan orangtuany. makanan yang diberikan contohnya sereal beras yang ditumbuk. Selain itu ada makanan dengan nama khichidi yaitu hidangan khas negara India yang terbuat dari campuran sayuran dan kacang-kacangan yang juda didalamnya sudah terdapat rempah seperti jinten, ketumbar mint serta kayu manis. Demikian juga di negara-negara lain memiliki makanan berbeda-beda untuk pendamping ASI si kecil.

Makanan Pendamping ASI di Timur Tengah

Di Timur Tengah, kita akan menemukan bubur khas negara Mesir yang bernama Ful Medammis. Terbuat dari fava beans yang enak dan gurih. Caranya yaitu kacang dimasak dengan bumbu lain sampai lunak seperti bubur. Rasanya yang lebut, gurih dan kaya akan nutrisi ini sangat cocok jika dikonsumsi oleh ibu hamil yang baik untuk perkembangan janinnya. Jika di Suriah, hidangan ini biasa dimakan saat sarapan. Disana cara memasaknya yakni kacang fava dimasak sampai mendidih dalam guci tembaga besar dan didiamkan sepanjang malam dan dimakan dipagi harinya.

Selain Ful Medammis, di daerah Timur tengah yang lain kita akan mendapati makanan yang bernama bubur syurba. Bubur yang mulai banyak diminati oleh masyarakat saat ini khususnya di bulan puasa sebagai maknan alternatif saat berbuka puasa. Karena teksturnya yang lembut jadi bubur ini juga cocok dikonsumsi oleh bayi.

Di Qatar, terdapat makanan seperti bubur. Harees merupakan hidangan khas Qatar yang sangat populer. Harees dibuat menggunakan tepung terigu, mentega, kemudian dicampur dengan daging ayam atau domba bisa juga dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Dengan teksturnya yang lembut menjadikan makanan itu bisa dikonsumsi oleh bayi. Makanan tersebut juga sangat populer disaat bulan ramadhan tiba.

Selain Harees, Qatar mempunyai makanan yang terbuat dari bubur yaitu Mathrooba. Terbuat dari bubur halus dengan menambahkan ayam sebagai pelengkapnya. Makanan ini bisa anda coba jika berkunjung ke Qatar. Mathrooba biasa dimakan dipagi hari. Bentuk dari Mathrooba hampir sama seperti Harees namun Mathrooba memiliki lebih banyak jenis sup. Jika anda ingin mencari makanan ini di Qatar, anda bisa menemukannya di Souq Waqif Stall yang beada di Doha.

Kemudian ada bubur hummus. Makanan berupa puree dan kacang kedelai yang dihaluskan, lentini, minyak zaitun, garam dan bawang putih ini biasa dimakan dengan roti pita. Cara menikmatinya dengan disobek sedikit-sedikit kemudian dicocolkan dengan hummus tersebut.

Itulah beberapa makanan pendamping ASI yang ada di Timur Tengah yang bisa dijadikan sebagai makanan bayi 1 tahun karena bayi 1 tahun sudah memiliki sistem pencernaan yang cukup baik untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Rental Mobil Banjarmasin Banjarbaru Pilihan Terbaik Untuk Wisata

Mainan Mendidik Tidak Mahal Untuk Tumbuh Kembang Anak

Konsumsi Makanan Berserat Wujudkan Saluran Cerna Anak Sehat