Mengenal Sertifikasi dan Level Pada Jaringan Cisco

Im A Blogger - Cisco didirikan pada tahun 1984 oleh 2 orang staf Stanford University, Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Cisco khusus bergerak dibidang internetworking, seperti router, bridge, hub, dan switch. Cisco IOS (Internetworking Operating System) merupakan sistem operasi yang diaplikasikan pada perangkat router dan switch Cisco. Sistem operasi ini memiliki sifat multitasking yang menyimpan fungsi - fungsi routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi.

Pengoperasiannya menggunakan Command Line Interface (CLI) dan sekumpulan perintah - perintah standar. Pengguna Linux / Unix dapat dengan mudah beradaptasi karena memiliki kemiripan konsep antara Cisco IOS CLI dengan perintah - perintah di Linux / Unix OS. Kami rangkum dari berbagai sumber, Cisco memiliki sertifikasi, bisa anda lihat di gambar di bawah ini :

Sertifikasi dan Level Cisco

Level sertifikasi di Cisco setelah CCNA (Cisco Certified Network Associate) adalah terdapat CCNP (Cisco Certified Network Professional) dan CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional), dan posisi paling puncak adalah CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert). Seseorang yang sukses memiliki sertifikat CCNA akan melengkapi ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk instalasi, konfigurasi, mengoperasikan dan memecahkan permasalahan (troubleshooting) pada LAN, WAN dan layanan dial access untuk network kecil (dibawah 100 node), termasuk di dalamnya pengaplikasian protokol seperti: IP, IGRP, Serial, Frame Relay, IP RIP, VLAN, RIP, Ethernet, dan Access Lists.

Materi dan Soal Sertifikasi Cisco

Untuk tes sertifikasi CCNA, bagi orang awam yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Exam Number – 640-802
  2. Total Marks – 1000
  3. Duration – 90 Minutes
  4. Passing score – 849
  5. Questions – 45-55
  6. Multiple Choice
  7. Simulations
  8. Drag and Drop
Soal - soal tes CCNA bertipe :
  • True/False
  • Multiple Choice
  • Select the Correct Answer
  • Select the Three Correct Answers
  • Select All That Apply
  • Type the command for viewing routes learned from an IP routing protocol.
  • Simulations
Agar bisa menghasilkan tenaga profesional yang mampu memahami jaringan komputer secara teori dan praktek terhadap perangkat buatan Cisco, maka Cisco mengadakan program pendidikan yang dikenal dengan istilah Cisco Networking Academy Program (CNAP). Untuk biaya pendidikan nanti, melalui salah satu lembaga training komputer dari CNAP akan menggelar tes CCNA sekitar 6 juta rupiah. Sedangkan biaya untuk ikut tes CCNA kisaran $250.

Jika anda merasa jumlah uang tersebut sangat mahal, maka anda masih memiliki peluang yaitu membeli voucher CCNA melalui orang - orang yang menjual voucher - voucher CCNA di internet. Voucher ini sifatnya legal karena dikeluarkan oleh Cisco lalu dijual dengan discounted voucher yang diperuntukkan buat orang - orang yang berniat ikut CNAP tetapi tidak melanjutkan hingga tes sertifikasi CCNA.

Saya sarankan untuk mengikuti training Cisco yang disediakan oleh Intra training center karena materinya up to date dan biaya kursus relatif lebih murah jika dibandingkan tempat lain. Untuk negosiasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi websitenya di http://intra.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkenalan Domain Baru IAMBLOGGER.NET

Rental Mobil Jogja Termurah Untuk Wisata Keluarga

Gizidat Bikin Anak Lahap Makan dan Sehat